Saklar Tukar/Saklar Hotel

Ada sebuah saklar yang bisa mengendalikan sebuah lampu dari dua tempat yang berbeda, dan kita sering menyebutnya saklar hotel. Saklar hotel sebenarnya bukan nama teknis, nama teknisnya adalah saklar tukar. Lalu kenapa dinamakan saklar hotel?

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih dalam, teman-teman harus mengetahui dahulu bentuk dari saklar hotel ini. Bentuknya variatif dan kalau dilihat dari depan, hampir sama dengan saklar tunggal. Namun ketika kita lihat bagian belakangnya, maka perbedaanya sangat jelas sekali.

Bentuknya seperti ini,

SaklarTukar/Hotel bagian depan

 

SaklarTukar/Hotel bagian belakang

Pada bagian belakang saklar tukar terdapat tiga kutub, sedangkan pada saklar tunggal hanya ada dua kutub. Untuk pengawatannya pun lebih rumit saklar tukar ini.

Kembali lagi ke pertanyaan di awal, kenapa saklar tukar ini lebih dikenal sebagai saklar hotel? Yup betul, karena saklar ini banyak dipasang di hotel. Kalau teman-teman pernah menginap atau berkunjung di hotel, teman-teman pasti sering menjumpai saklar tukar ini.

Sebagai contoh, ketika teman-teman masuk kamar hotel, dan lampunya dalam keadaan mati, teman-teman pasti akan menyalakan lampu di samping pintu masuk tersebut. Dan ketika kita akan tidur cukup mematikan dari samping tempat tidur saja, tidak usah balik lagi ke pintu masuk. Begitu pula sebaliknya.

Sebenarnya selain di hotel, pengaplikasian saklar tukar ini bisa kita lihat di tangga, dan penempatanya ada di sisi bawah tangga dan sisi atasnya. Kita bisa meng-on-off kan lampu yang sama menggunakan salah satu bagian saklar saja.

Jadi misalkan teman-teman menghidupkan lampu dari bawah tangga, dan ketika sampai di atas, cukup matikan lampu dari atas saja tidak usah balik lagi ke bawah. Sangat memudahkan bukan…

 

PRINSIP KERJA SAKLAR HOTEL/TUKAR

Untuk prinsip kerjanya bisa teman-teman lihat di video saya berikut ini :

 

 

PRAKTIK MERAKIT SAKLAR HOTEL/TUKAR

Sedangkan untuk praktik merakit saklar tukar/hotel bisa teman-teman lihat di video saya berikut ini :

 

 

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *