Saklar Tunggal Dan Saklar Ganda/Seri

Temen-temen pasti sering mendengar istilah saklar. Saklar yang dimaksud di sini tentunya adalah saklar listrik yang sering teman-teman gunakan untuk menghidupkan atau mematikan lampu dan biasanya menempel di dinding.

Sebenernya saklar tidak selalu menempel di dinding, banyak sekali jenis-jenis saklar. Ada saklar push button yang menempel di panel, saklar toggle yang banyak digunakan di rangkaian elektronik, ada juga selector switch yang banyak dipakai oleh para teknisi radio.

Saklar Lampu

Saklar Button dan Toggle

Namun di artikel kali ini saya hanya membahas tentang saklar yang biasa digunakan dalam instalasi penerangan, yaitu saklar tunggal dan saklar ganda. Dan saya rasa pembahasan tentang saklar tersebut sangat penting, karena hampir semua bangunan menggunakan kedua jenis saklar ini.

Dan percaya gak temen-temen, dengan memasang saklar, kita bisa menghemat biaya listrik di rumah hingga 30-40%.  Kalau tidak percaya, yuk kita simak dahulu fungsi dari saklar ini.

 

FUNGSI SAKLAR

Saklar berfungsi sebagai pemutus aliran listrik, dari sumber/main line listrik ke titik beban dalam suatu rangkaian tertutup. Di awal saya bilang tanpa saklar biaya listrik kita akan membengkak, kenapa?

Karena coba teman-teman bayangkan, jika suatau instalasi penerangan dipasang tanpa saklar. Maka lampu akan hidup terus dan biaya listrik jadi boros. Jadi memang saklar ini adalah komponen penting dalam dunia listrik, terutama dalam instalasi penerangan.

 

SAKLAR TUNGGAL DAN CARA KERJANYA

Saklar tunggal adalah adalah saklar yang terdiri dari satu buah tuas. Bisa mematikan dan menghidupkan lampu dengan sekali tekan.

Bentuknya seperti ini.

Saklar Tunggal

Sedangkan cara kerjanya seperti di bawah ini :

Saklar Tunggal Sebelum Aktif

Pada gambar di atas garis berwarna merah jambu dan merah adalah kabel fase/phase nya. Perbedaanya adalah garis berwarna merah jambu artinya adalah kabel listrik yang belum dialiri arus, sedangkan yang berwarna merah artinya kabel yang telah dialiri arus listrik. Kabel yang berwara biru adalah kabel netralnya.

Pemasangan kabel fase adalah dari main line/PLN menuju ke saklar kemudian menuju ke lampu. Sedangkan kabel netralnya langsung saja ke lampu. Yang harus diingat adalah kabel yang melewati saklar haruslah kabel fase nya, jangan kabel netral.

Kenapa?

Karena untuk meminimalisir efek kesetrum ketika kita akan maintenance lampu/instalasi kabelnya. Next artikel saya akan mencoba menjelaskan kenapa seperti itu.

Lampu akan menyala jika saklar ditekan, seperti analogi gambar di bawah ini.

 

Saklar Tunggal Setelah Aktif

Ketika saklar ditekan maka arus mengalir melewati saklar menuju ke lampu, ini ditandai dengan perubahan warna kabel dari merah jambu menjadi warna merah. Sehingga lampu menjadi menyala.

Untuk lebih jelasnya bisa teman-teman simak video berikut ini :

 

CARA KERJA SAKLAR GANDA

Kalau temen-teman pernah melihat saklar tunggal, teman-teman pastinya pernah melihat saklar ganda atau saklar seri seperti gambar di bawah ini.

Saklar Ganda

 

Saklar ganda ini biasa digunakan untuk menyalakan lampu yang berada di ruangan berbeda. Sebagai contoh lampu yang ditempatkan di ruang tamu dan teras, dan dapat dinyalakan di satu tempat saja. Untuk cara kerjanya bisa teman-teman lihat gambar di bawah ini.

Saklar Ganda Sebelum Aktif

Prinsipnya sama dengan saklar tunggal, hanya berbeda di pengawatanya saja.

Pemasangan kabel fase adalah dari main line/PLN menuju ke salah satu kutub saklar kemudian di jumper ke kutub sebelahnya, kemudian dari masing-masing kutub menuju ke lampu.

Sedangkan kabel netralnya langsung saja kemasing-masing lampu. Sama halnya denga aturan saklar tunggal, pada saklar ganda pun kabel yang melewati saklar haruslah kabel fase nya.

Pada gambar di atas garis berwarna merah jambu artinya adalah kabel listrik yang belum dialiri arus. Sedangkan yang berwarna merah artinya kabel telah dialiri arus listrik. Lampu akan menyala jika saklar ditekan, seperti  gambar di bawah ini.

Saklar Ganda Setelah Aktif

Ketika saklar ditekan maka arus mengalir melewati saklar menuju ke lampu, ini ditandai dengan perubahan warna kabel dari merah jambu menjadi warna merah. Sehingga lampu menjadi menyala.

Untuk lebih jelasnya bisa teman-teman simak video berikut ini :

 

 

PRAKTIK MERAKIT SAKLAR TUNGGAL DAN SAKLAR GANDA

Selain itu saya juga telah membuat video praktik merakit saklar tunggal dan saklar ganda, silahkan teman-teman lihat video berikut ini :

VIDEO SAKLAR TUNGGAL/ENGKEL :

 

 

VIDEO SAKLAR GANDA :

 

Semoga bermanfaat.

5 thoughts on “Saklar Tunggal Dan Saklar Ganda/Seri

  1. Pingback: Saklar Tukar/Saklar Hotel - ngelistrik.com

  2. rasam Balas

    bagaimana mengtasi sakalr 2 pas satu hidup 2 lampu dan ketika di nyalakan yang sebelah listrik mcb jeglek

  3. Burhanuddin Balas

    Kalau sy pasang saklar lampu selama ini sy selalu tarik kabel netral ke saklar dn pase nya sy langsung ke pitting lampu,berarti selama ini sy keliru

  4. adi Balas

    Assalamu’alaikum.
    Klo seandainya dalam pemasangan contohnya saklar tunggal kan ada dua baut. Klo kabel fasa dipasang pada baut yang paling atas dan kabel netral dipasang pada baut bawah dan sebaliknya klo kabel fasa dipasang pada baut bawah dan kabel netral dipasang pada baut atas memangnya apakah boleh dengan cara pemasangan yang terbalik seperti itu???
    Mhon penjelasannya teman…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *