Mengenal Pekerjaan Konsultan MEP (Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing)

Pada artikel pertama ini saya akan berbagi info mengenai apa itu MEP dan apa saja ruang lingkup pekerjaan MEP di bidang konstruksi dan konsultan perencana.

MEP adalah singkatan dari Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing (pemipaan). Terkadang MEP hanya di singkat ME (Mekanikal dan Elektrikal), karena plumbing sudah masuk ke scope pekerjaan orang mekanik.

Secara pribadi saya lebih cocok dengan istilah pertama (ME), karena sejauh pengetahuan saya scope mekanikal dan plumbing biasanya hanya dipegang oleh satu orang. Tapi mungkin di beberapa proyek yang sistem plumbingnya sangat kompleks, bisa saja dipisahkan antara penanggung jawab mekanikal dan plumbing.

 

Hubungan ME, Arsitek dan Sipil

Dalam suatu proyek, baik gedung ataupun pabrik, MEP jelas sangat berkaitan erat dengan sipil dan terutama arsitek. Gambar MEP tidak akan bisa diselesaikan jika gambar arsitek belum selesai, mungkin bisa, asalkan orang-orang yang bekerja di divisi MEP tersebut mempunyai khayalan yang sangat bagus :).

Sebagai contoh begini, jika gambar arsitek belum jadi, maka orang-orang ME tidak akan bisa menggambar posisi lampu, dan lain-lain, karena belum tahu ketinggian atap, apakah atapnya ada plafond atau hanya duct, apakah ada void atau tidak, dan sebagainya.

Sehingga jika kondisi schedule sangat mepet, maka-orang-orang MEP akan mendesain dahulu berdasarkan khayalan dan pengalaman mereka. Kesanya seperti dipaksakan? Ya, karena semua divisi mempunyai schedule masing-masing dan akan “ngotot” untuk berpacu dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai schedule awal mereka.

Berdasarkan pengalaman saya dalam beberapa proyek besar, terutama pabrik yang usernya sering sekali merevisi gambar, akan banyak terjadi drama antar divisi dan tentunya sangat menguras pikiran, tenaga dan kesehatan :).

 

Scope Pekerjaan Mekanikal dan Plumbing

Pekerjaan Mekanikal dan Plumbing terdiri dari pekerjaan

            Pemipaan,

            Pemadam kebakaran,

            Tata udara,

           Lift, elevator dan eskalator,

            Kompressor,

           Sistem Gas (Rumah Sakit)

 

Untuk pemipaan terdiri dari pemipaan air bersih, air kotor, vent, air proses, air hujan dan lain sebagainya. Untuk pemipaan air bersih biasanya menggunakan pipa PPR sedangkan air kotor dan vent menggunakan pipa PVC. Sedangkan pipa pemadam kebakaran (hydrant) biasanya menggunakan black steel sch 40.

Instalasi pemadam kebakaran yang masuk ke scope orang mekanikal adalah instalasi sprinkler dan IHB, serta OHB sedangkan instalasi detektor pemadam kebakaran (smoke, heat, dan lain-lain) menjadi scope orang elektrikal.

Begitu juga dengan sistem tata udara (AC dan Exhaust), lift dan pengolahan limbah menjadi scope kerja bagian mekanik.

 

Elektrikal dan Elektronik

Scope pekerjaan elektrikal terdiri dari instalasi tegangan menengah, tegangan rendah sampa ke instalasi penerangan dan stop kontak.

Scope pekerjaan elektrikal di atas secara spesifik meliputi pekerjaan trafo, panel listrik, kabel, instalasi lampu dan stop kontak, serta kabel ladder.

Untuk lebih jelasnya akan saya ulas di artikel yang akan datang secara detil, karena memang tujuan utama pembuatan web ini adalah sebagai bahan belajar dan berbagi pengetahuan tentang bidang design instalasi listrik.

Untuk pekerjaan elektronik terdiri dari

            Fire alarm,

            Tata suara,

            Telephon dan Data,

            MATV,

            CCTV,

            Security System, dan sebagainya

 

Demikian penjelasan yang bisa saya berikan tentang Mekanikal Elektrikal dan Plumbing di bidang konsulltan design/perencana.

Jika ada pertanyaan, saran dan koreksi silahkan diungkapkan di kolom komentar.

Salam Berbagi.

 

14 thoughts on “Mengenal Pekerjaan Konsultan MEP (Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing)

  1. Imam Ibnu badri Balas

    Pak untuk jadi konsultan MEP itu gimana… saya D3 listrik dan sekarng lagi melanjutkan kuliah S1 Teknik elektro..tapi kenapa saya tidak pernah mendapatkan pelajaran MEP ya… rata kuliahnya banyak menyangkut kuliah tengan rendah padahal saya ingin kuliah tengan tinggi

    apakah saya harus kursus pak… saya sangat suka merancang dan menggambar listrik pak.
    Mohon arahannya..

    Untuk prospek kerjanya saya harus melamar dimana ya pak…

  2. Taufan sky Balas

    Asallamualaikum
    Sebelumnya maaf ya.
    Saya bekerja sebagai MEP di perusahaan dimana saya member sebagai mekanik tapi job desk sebenarnya mekanik saya kurang faham karna ditempat saya MEP ya suport produksi/pembantu produksi.apa apa ke bagian MEP sampai setinggi atau ganti yg seharusnya dikerjakan sama operator atau apalah dikerjakan sama qt.mohon pencerahannya.terima kasih

  3. Indra kurnia Balas

    Ada kah projeck yg bisa kami pollow up ?
    Kami bergerak d bidang pengadaan panel, genset & instalaton genset…

  4. Munaji Balas

    Mas saya mau tanya untuk lingkup pekerjaan drafter MEP itu apa cuma merencanakan penempatannya saja.? Apa harus menghitung seperti daya listrik nya juga.?
    Atau daya listrik nya udah ada yang ngitung kayak engineering MEP Nya.?
    Tolong di jawab ya min

  5. kiki Balas

    sy dari Smk N 2 Kendal lagi magang di Cipta Prima Sejahtera waahhh rasanya sengng banget sumpah

  6. Mohamad Idris Balas

    bos, pengen belajar lebih dalam tentang ilmu mekanikal skalian praktek bisa bos ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *